Kamis, 18 Juni 2015

perdagangan internasional

topik 9: peran sektor luar negeri pada perekonomian Indonesia



Perdagangan Internasional

Adalah suatu kegiatan kerjasama ekonomi yang dilakukan Negara satu dengan Negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Di banyak negara, perdagangan internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan GDP. Perdagangan internsional pun turut mendorong industrialisasi,kemajuan transportasi dan globalisasi.

Teori perdagangan Internasional

1.      Teori Keunggulan Mutlak (Absolute Advantage)
Teori ini dikemukakan oleh Adam Smith yang berpendapat bahwa setiap Negara akan memperoleh manfaat perdagangan Internasional karena melakukan spesialisasi internasional yang dapat memberikan hasil berupa manfaat perdagangan yang timbul dari dalam atau berupa kenaikan produksi serta konsumsi barang-barang dan jasa-jasa.

Adam Smith percaya bahwa seluruh Negara dapat memperoleh keuntungan dari perdagangan dan dengan melakukan spesialisasi internasional masing-masing negara akan berusaha untuk menekan produksinya pada barang-barang tertentu yang sesuai dengan keuntungan yang dimiliki.

2.      Teori Keunggulan Komparatif ( Comparative Advantage)
Teori ini dikemukakan oleh David Ricardo untuk menyempurnakan teori yang sebelumnya dikemukakan oleh Adam Smith. Teori ini didasarkan pada nilai tenaga kerja yang menyatakan bahwa nilai atau barang suatu produk ditentukan oleh jumlah waktu atau jam kerja yang diperlukan untuk memproduksinya.

Teori ini memiliki keunggulan bahwa suatu negara akan menspesialisasi dalam memproduksi barang yang lebih efisien di mana
negara tersebut memiliki keunggulan komparatif.





Pedagangan Internasional juga memiliki banyak manfaat yaitu,menjalin hubungan antara Negara lain,dapat memperoleh barang-barang yang tidak dapat diproduksi di Negara sendiri,menambah keuntungan dan dapat transfer teknologi-teknologi modern. Selain itu perdagangan Internasional juga memiliki beberapa factor yang mendorong suatu Negara untuk melakukan perdagangan internasional diantaranya yaitu:

1.      Faktor alam
2.      Ingin membuka kerjasama
3.      Terjadinya era globalisasi
4.      Adanya kelebihan produk dalam negeri sehingga membuka pasar baru untuk menjualnya
5.      Ingin memiliki keuntungan dan meningkatkan pendpatan Negara

Dan masih banyak lagi factor-faktor yang mendorong suatu Negara untuk melakukan perdagangan Internasional. Dengan melakukan perdagangan Internasional disuatu Negara,itu sangat bermanfaat untuk negaranya sendiri. Karena banyak keunggulan atau manfaat-manfaat yang dapat diperoleh oleh Negara itu sendiri.

Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat.


sumber:


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar