Perdagangan Internasional
Adalah suatu kegiatan kerjasama ekonomi yang dilakukan
Negara satu dengan Negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Di banyak
negara, perdagangan internasional menjadi salah satu faktor utama untuk
meningkatkan GDP. Perdagangan internsional pun turut mendorong
industrialisasi,kemajuan transportasi dan globalisasi.
Teori perdagangan Internasional
1.
Teori Keunggulan Mutlak (Absolute Advantage)
Teori ini dikemukakan oleh Adam Smith yang
berpendapat bahwa setiap Negara akan memperoleh manfaat perdagangan
Internasional karena melakukan spesialisasi internasional yang dapat memberikan
hasil berupa manfaat perdagangan yang timbul dari dalam atau berupa kenaikan
produksi serta konsumsi barang-barang dan jasa-jasa.
Adam Smith percaya bahwa seluruh Negara
dapat memperoleh keuntungan dari perdagangan dan dengan melakukan spesialisasi
internasional masing-masing negara akan berusaha untuk menekan produksinya pada
barang-barang tertentu yang sesuai dengan keuntungan yang dimiliki.
2.
Teori Keunggulan Komparatif ( Comparative
Advantage)
Teori ini dikemukakan oleh David Ricardo
untuk menyempurnakan teori yang sebelumnya dikemukakan oleh Adam Smith. Teori ini
didasarkan pada nilai tenaga kerja yang menyatakan bahwa nilai atau barang
suatu produk ditentukan oleh jumlah waktu atau jam kerja yang diperlukan untuk
memproduksinya.
Teori ini memiliki keunggulan bahwa suatu
negara akan menspesialisasi dalam memproduksi barang yang lebih efisien di mana
negara tersebut memiliki keunggulan komparatif.
negara tersebut memiliki keunggulan komparatif.
Pedagangan Internasional juga memiliki banyak manfaat yaitu,menjalin
hubungan antara Negara lain,dapat memperoleh barang-barang yang tidak dapat
diproduksi di Negara sendiri,menambah keuntungan dan dapat transfer teknologi-teknologi
modern. Selain itu perdagangan Internasional juga memiliki beberapa factor yang
mendorong suatu Negara untuk melakukan perdagangan internasional diantaranya
yaitu:
1.
Faktor alam
2.
Ingin membuka kerjasama
3.
Terjadinya era globalisasi
4.
Adanya kelebihan produk dalam negeri sehingga
membuka pasar baru untuk menjualnya
5.
Ingin memiliki keuntungan dan meningkatkan
pendpatan Negara
Dan masih banyak lagi factor-faktor yang mendorong suatu Negara
untuk melakukan perdagangan Internasional. Dengan melakukan perdagangan
Internasional disuatu Negara,itu sangat bermanfaat untuk negaranya sendiri. Karena
banyak keunggulan atau manfaat-manfaat yang dapat diperoleh oleh Negara itu
sendiri.
Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat.
sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar